Sabtu, 01 Oktober 2016

Review Yamaha Xabre VS All New Honda CBR150R

NAMA : Reggi Okky Riswara
KELAS : 3IC08
NPM     : 28414998





BAB I 

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
      
      Di era seperti sekarang ini kita tidak luput dari namanya teknologi, dari teknologi di bidang smartphone hingga di bidang transportasi khususnya, banyak sekali produsen yang berlomba-lomba mengeluarkan produk sepeda motor terbaru, setiap sepeda motor yang dikeluarkan memiliki keunggulannya masing-masing
sehingga kita sebagai konsumen harus memilih dengan bijak.Produsen seperti honda dan yamaha adalah salah satu produsen yang sangat dikenal masyarakat, yang memiliki keunggulannya masing-masing dari setiap produk yang mereka keluarkan.

1.2  Tujuan Penulisan

Setiap penulisan memiliki tujuan agar materi yang akan dibahas lebih tertata rapi dan tidak keluar dari judul yang sudah ditentukan. Adapun tujuan dari penulisan ini sebagai berikut :
1.  Mengetahui Sejarah Honda dan Yamaha.
2.  Mereview Produk terbaru dari Yamaha Xabre dan All New Honda CBR150R


BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Yamaha
      
      Yamaha Indonesia Motor Manufacturing adalah sebuah perusahaan yang memproduksi sepeda motor. Perusahaan ini didirikan pada 6 Juli 1974. Pabrik sepeda motor Yamaha mulai beroperasi di Indonesia sekitar tahun 1969, sebagai suatu usaha perakitan saja, semua komponen didatangkan dari Jepang.

Perkembangan produk

NamaPeriode
Yamaha RX King1983 - 2007
Yamaha Force 11992 - 1993
Yamaha F1Z1994 - 1996
Yamaha Crypton1996 - 2001
Yamaha F1ZR1997 - 2003
Yamaha Vega2001 - 2003
Yamaha Scorpio2001 - 2005
Yamaha Jupiter2001 - 2003
Yamaha Nouvo2003 - 2005
Yamaha Vega R2003 - 2005
Yamaha Jupiter Z2003 - 2006
Yamaha Mio2005 - 2012
Yamaha Nouvo Z2005 - 2008
Yamaha New Vega R2005 - 2008
Yamaha New Jupiter Z2006 - 2009
Yamaha Mio Soul2007 - 2012
Yamaha Lexam2010 - 2012
Yamaha Xeon2010 - 2012
Yamaha Scorpio Z2006 - sekarang
Yamaha Jupiter MX2006 - 2010
Yamaha V-Ixion2007 - 2012
Yamaha Vega ZR2008 - 2013
Yamaha New Jupiter ZZ2009 - 2012
Yamaha Byson2010 - sekarang
Yamaha New Jupiter MX2010 - sekarang
Yamaha Mio J2012 - sekarang
Yamaha Fino2012 - 2014
Yamaha Jupiter Z12012 - sekarang
Yamaha Soul GT2012 - sekarang
Yamaha Xeon RC2012 - sekarang
Yamaha New V-Ixion Lightning2012 - sekarang
Yamaha Mio GT2013 - sekarang
Yamaha X-Ride2013 - sekarang
Yamaha Vega RR2013 - sekarang
Yamaha Vega Force2013 - sekarang
Yamaha Xeon GT1252014 - sekarang
Yamaha Fino FI2014 - sekarang
Yamaha R152014 - sekarang
Yamaha R252014 - sekarang
Yamaha Mio M32015 - sekarang
Yamaha N-Max2015 -sekarang
Yamaha MT-252015 -sekarang
Yamaha Jupiter Mx King2015 -sekarang


2.2 Sejarah Honda 
      
      Honda Motor Company, Ltd. (Japanese: 本田技研工業株式会社 Honda Giken Kōgyō Kabushiki-gaisha?, Honda Technology Research Institute Company, Limited) Tentang suara ini dengar (bantuan·info) (TYO: 7267) adalah produsen mobil, truk, sepeda motor dan skuter asal Jepang. Mereka juga membuat kendaraan segala medan (ATV), generator listrik, mesin kelautan, dan peralatan taman.

Honda didirikan pada 24 September 1948 oleh Soichiro Honda. Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959,[3][4] dan juga produsen mesin pembakaran dalam terbesar dengan produksi lebih dari 14 juta unit tiap tahun.[5] Honda berhasil menggusur Nissan sebagai produsen mobil kedua terbesar di Jepang tahun 2001.[6][7] Honda juga menggusur Chrysler, untuk menjadi pabrikan mobil terbesar keempat di pasar AS.[8] Sekarang ini, Honda juga pabrikan mobil terbesar keenam di dunia. Pada 2004, perusahaan ini mulai memproduksi motor diesel, yang sangat tenang dan tidak membutuhkan penyaring untuk dapat melewati standar polusi.

Honda merupakan pabrikan Jepang pertama yang meluncurkan merek mobil mewahnya, menggunakan merk Acura untuk mobil mewahnya di Amerika Utara. Mobil Honda terkenal dengan daya tahan dan jarang rusak. Honda di Indonesia paling terkenal dengan sepeda motornya.

Honda bermarkas di Tokyo. Saham mereka diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo, Bursa Saham New York, dan juga perdagangan di Osaka, Nagoya, Sapporo, Kyoto, Fukuoka, London, Paris dan Swiss. American Honda Motor Co., bermarkas di Torrance, California.

2.3 Produk Terbaru Yamaha

2.3.1 Yamaha Xabre
         
Yamaha resmi merilis Yamaha Xabre (dibaca seber bukan sabre) saat rossi berkunjung ke Bali 26 januari 2016 di hotel mulia. Pada saat perilisan kemarin rossi juga mencoba menaiki motor yang memiliki filosofi desainnya “ULTIMATE STREET FASHION SPORT” yang terinspirasi dari sebuah sabetan pedang cahaya (Light Saber) yang berkesan X-treme agresif, sangat tajam dan modern.

Ergonomi yang ditawarkan yamaha xabre jika dilihat dari posisi rider seperti kaku karena gaya riding Yamaha Xabre seperti mengendarai motor supermoto. Stang yang paling panjang di kelasnya 792 mm, desain tangki yang agak maju kedepan sehingga posisi jok depan juga mengikuti agak kedepan dan posisi footstep depan yang agak kebelakang membuat tubuh kita agak maju condong kedepan dan kondisi tangan memegang stang agak melebar. Karena memiliki seat height yang lumayan tinggi hingga 805 mm membuat saya yang memiliki tinggi badan 173 cm masih agak jinjit ketika duduk diatas Yamaha Xabre kondisi berhenti.

Pada saat riding, handling dari Yamaha Xabre saat pertama kali menaiki agak terasa kagok karena gaya ridingnya berbeda banget dengan motor street fighter yang biasanya. Handling mudah pada saat menikung meskipun di tikungan tajam apalagi ditambah dengan swing arm belakang yang lebih panjang 5 mm dari R15, dengan sok upside down handling di tikungan jadi ringan dan minim getaran di stang, sangat anteng saat menikung.

Pada saat bermanuver kencang minim goyangan dikarenakan selain dari swing arm alumnium yang lebih panjang serta diameter sok USD 37 mm dan innertubenya 31 mm, belum lagi dengan lebar ban depan 110/70 dan belakang 130/70, rangka deltabox tidak dipungkiri menambah handling motor semakin rigid. Sebuah kombinasi yang sempurna dalam merubah arah bodi motor dengan cepat, stabil saat bermanuver (High Rigidity).

Akslerasi yang ditawarkan Yamaha Xabre memang tidak berasa jauh2 dengan motor vixion apalagi dengan R15 karena mengusung mesin yang sama. Saat aklslerasi awal hingga 5ribuan rpm motor ini sangat enak namun dikitiran 5ribuan rpm motor seperti terasa agak terasa tertahan dan saat dikitiran 6ribuan rpm motor kembali melaju tanpa jeda nafas.

Konsumsi bahan bakar juga tergolong irit untuk motor sport 150cc, setelah saya tes ride konsumsi bahan bakar yamaha xabre bisa tembus hingga 44,8km/liter. Kapasitas tangki yamaha xabre 10,2 liter.


Yamaha xabre sudah memakai speedometer digital dengan tipe negatif display. Dengan tampilan negatif display ini angka dengan warna terang atau putih sedangkan backgroundnya berwarna hitam. Untuk tingkat pencahayaan bisa disetel hingga 3 tingkat sehingga kita bisa merubah tingkat penerangan di speedometer sesuai kebutuhan, pada saat riding pun tampilan negatif display ini ternyata dengan mudah terlihat.


Selain speedometer digital, yamaha xabre juga menawarkan fitur sok depan USD, sok depan USD memliki diameter luar 37 mm dan innertube 31 mm memiliki ayunan gerak bebas keatas-bawah sepanjang 130mm. Sok depan USD yamaha Xabre menawarkan handling yang stabil dan minim getaran di stang. Pada saat melewati jalan rusak saya akui ayunan sok ini lebih soft terasa smooth daripada sok teleskopik, memang terasa rebound yang dirasakan membuat stang lebih mudah dikendalikan. Yang terasa sekali perbedaannya ketika menginjak lubang agak besar dimana ayunan kebawh terasa cepat namun bantingan keatas lebih lambat membuat kestabilan motor saat riding. Review artikel sok USD bisa klik dibawah ini.



Fitur lainnya yang ada di Yamaha Xabre adalah headlamp LED, tampang headlamp Yamaha Xabre tampak garang dengan desain yang tipis jika dilihat dari samping tatapan dari depan sangat garang namun tingkat pencahayaan headlamp LED milik xabre ternyata memang terang dan sudah saya uji saat riding malam ataupun hujan.



2.4 Produk terbaru Honda

2.4.1 All New Honda CBR150R
Satu setengah tahun, Waktu yang dibutuhkan Honda untuk belajar, Sekaligus mengubah nama “All New” menjadi “Old“… Di Sentul, 14 Februari 2016 ini PT Astra Honda Motor kembali memperkenalkan jagoan terbaru yang berubah total dari edisi lawas… Bukan cuma tampang, Tapi juga jeroan dan tetek-bengeknya yang juga ikutan diubah secara drastis. . . Kita sambut, All New Honda CBR150R Facelift 2016 !! Voila…

Jadi mari kita langsung membahas sisi ergonomi dan kenyamanan dari All New CBR150R yang digadang gadang memiliki kenyamanan terbaik di kelasnya..Dengan TB resmi meteran Rumah Sakit 163 cm, duduk di atas joknya, kaki dengan sepatu riding boots Scoyco hanya sedikit jinjit. Joknya cukup empuk, 4 laps keliling TMII dengan total sekitar 7-8 km tidak ada keluhan.

Setangnya masih agak tinggi, hanya sedikit saja lebih rendah dari Honda CBR150 K45. Pundak dan telapak tangan cukup rileks saat berkendara. Dari sisi ini kenyamanan dari sebuah motor sport ber-fairing bisa lah si All New CBR150R major change ini diberikan nilai 8.

Tapi bicara berboncengan, nah ini lain lagi 😀 Asal yang dibonceng duduknya jangan terlalu mepet sama rider maka sektor “masa depan” kita akan aman.. Kalau gak, lumayan kegencet lads Wakakaka.. Dari sisi ini KBY kasih nilai 6. All New CBR150R facelift 2016 bukan untuk boncengan harian..

Beralih ke suspensi, KBY sudah mendiskusikan hal ini dengan beberapa yang hadir di sana. Semuanya sepakat paket suspensi depan dan belakang All New CBR150R layak dapat acungan jempol. Stabil, kokoh ketika menikung dan cukup empuk ketika melibas jalan tidak rata.

Sebagai yang dibonceng di atas jok All New CBR150R, mang Eno berkomentar selama gak nemu lobang, (maaf) bokongnya terasa aman. Sebagai pengendara ketika membonceng menggunakan All New CBR150R 2016 facelift ini, KBY sepakat, begitu berduaan lewat lobang mayan juga terasanya.

HANDLING SUPERB

Handling, duh gimana ya, testing is believing, kalau ga boleh bilang perfect yaudah KBY bilang almost perfect deh.. Sasis nurut, nikung patah, nikung panjang, nikung pelan, nikung cepat, ayo aja! Bahkan saat belok tekor pun, cukup rem depan sedikit, badan lebih miring, motor ini langsung nurut. Gak berlebihan kalau All  New cbr150r 2016 ini memang mewarisi konsep CBR yang total control.. Sasisnya pun well balance..!!

TENAGA ENAK TAPI MBREBET

Tenaga mirip dengan New CB150R namun dengan respon yang lebih baik pada setiap gigi dan RPM, agak sulit sih ya menerjemahkannya kalau gak mencoba langsung tapi yang jelas memang mesin ini lebih responsif.. Tapi hentakan awal seperti pada gigi 1, New CB150R terasa lebih gahar dibandingkan All New CBR150R 2016 K45G ini..
Sektor transmisi juga menjadi kelebihannya, halus dan lembut dengan pengoperasian ringan pada tuas kopling membuat rider tetap merasa nyaman. Di sisi ini Honda mempertahankan dan mengambil hal yang positif dari New CB150R street fire kepada All New CBR150R..
Hanya saja, akibat DOHC yang over stroke (nearly square) pada mesin All New CBR150R, para purist pasti akan sebal karena ketika sedang asik menuju peak, sebut saja RPM 9000 ke atas, tiba-tiba mesin choke alias mbrebet di 11 ribu.. Lebih tinggi 500 RPM dari garis redline yang berada di 10,500. Coitus interuptus!
Yah memang, ini lah pengorbanan untuk mendapatkan respon mesin yang lebih cepat di RPM bawah lads.. Asik di trek pendek, tapi di jalan panjang nan lurus mudah sekali tercekik…
REM DEPAN POSITIF!

Jangan tanya performa rem belakang milik All New CBR150R facelift ini lads, karena tak pernah sekalipun KBY menyentuhnya! Pure rem depan sahaje.. Seperti halnya Honda CBR150R dual keen eyes, rem depannya pantas mendapatkan acungan jempol. Tidak terlalu empuk namun sigap ketika dibutuhkan..
Sementara alas roda alias ban standar dari All New CBR150R dipilih dari IRC tipe Road winner, dengan ukuran depan 100/80-17 52P (tubeless), dan belakang 130/70-1762P (tubeless). Biasanya Road Winner ditenggarai gripnya tidak terlalu baik, namun pada sesi test ride Honda All New CBR150R, bannya merespon dengan sangat baik..
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan 
      Setelah kita mengetahui review yang saya berikan dari kedua produk Yamaha dan Honda, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing di bidangnya, baik dari segi desain motor, performa motor, dan kenyamanan motor, mempunyai kekurangannya masing-masing, alangkah baiknya kita sebagai konsumen memilih motor dengan sesuai kebutuhan kita. 

Sumber : http://aripitstop.com/2016/02/17/review-tes-ride-harian-yamaha-xabre-oleh-aripitstop-com/
                 http://kobayogas.com/2016/02/20/hasil-test-ride-all-new-cbr150r-2016-testing-is-believing-tapi-sayang/
                 https://id.wikipedia.org/wiki/Honda
                 https://id.wikipedia.org/wiki/Yamaha_Indonesia_Motor_Manufacturing

1 komentar:

  1. Motor naked https://www.yamaha-motor.co.id/product/xabre lebih ok sih menurut sy mas. Kelihatan gahar, klo cbr lebih ke sport stylenya, kurang suka aku.

    BalasHapus