Jumat, 07 Oktober 2016

Android VS Tizen

Latar Belakang
    Seiring perkembangan zaman, perangkat teknologi komunikasi juga semakin canggih. Semakin canggih perangkat komunikasi, semakin canggih pula OS yang digunakan, sekarang, salah satunya adalah android.  Ya, karena sistem operasi tersebut saat ini telah mendominasi sebagian besar smartphone di dunia. Setelah itu diikuti dengan Windows Phone, iOS, BlackBerry, setiap OS mempunyai kelebihannya masing-masing, dan baru ini samsung mobile mengeluarkan OS terbaru yang diberi nama Tizen, OS tersebut masih terdengar asing bagi kita, yang biasa kita mendengar OS Android, iOS, dan juga Blackberry. Disini saya akan mencoba menjelaskan apa itu OS Tizen dan juga mari kita bandingkan dengan OS Android.

1. Tizen 
Tizen adalah awalnya sebuah proyek yang dikerjakan oleh Intel Mobilin dan Nokia Maemo, yang dulunya diberi nama OS Meego. Pada saat yang bersamaan Nokia sudah memiliki OS Windows Phone, karena Nokia waktu itu memprioritaskan pada sistem yang dimilikinya maka proyek OS Meego pun terbengkalai dan akhirnya proyek tersebut diambil alih oleh perusahaan Samsung Mobile dan berganti nama menjadi OS Tizen. dan OS Tizen sendiri sudah dirilis di Samsung Z1 dan Z2

Keunggulan OS Tizen, Beserta Kekurangannya
Keunggulan OS Tizen
1. Mengusung Browser HTML 5
Kebutuhan browsing pada smartphone memag menjadi hal yang pokok, maka dari itu Samsung Mobile membekali Tizen OS dengan Browser terbaik saat ini yakni HTML5.
2. Dapat Menjalankan Aplikasi Android
Sistem operasi Android saat ini memang merajai sebagian smartphone di dunia, maka dari itu sebelum dikenal oleh masyarakat luas OS Tizen tersebut dirancang dapat menjalankan semua aplikasi yang diusung oleh Android OS yang sudah dikenal oleh semua kalangan.

3. Dapat Digunakan Pada Gadget Lain

Kelebihan yang paling menarik yang tidak dapat dimiliki oleh sistem operasi lainnya adalah dapat diaplikasikannya pada perangkat elektronik atau gadget lainnya seperti SmartTV, Kamera ataupun pada PC.

4. Mendukung Aplikasi Pihak Ketiga

Tizen OS ternyata juga memiliki dukungan penuh pada aplikasi WEB seperti JavaScrip, CSS, HTML5, Native dan Hybrid.

5. Didukung Langsung Oleh Samsung

Didukung penuh langsung dari vendor Samsung Mobile yang perpoten dapat berkembang denga pesat. Apabila Aple memiliki sistem operasi iOS, Microsoft dan Nokia mempunyai Windows Phone, begitu pula dengan Samsung Mobie yang saat ini juga memiliki Sistem operasi Tizen OS.

Kekurangan OS Tizen

1. Sebagai Pilihan Kedua

Saat ini pihak Samsung mobile masih memprioritaskan OS Android untuk menjalankan semua produknya, dan OS Tizen sebagai pilihan yang kedua karena mungkin masih tahap pengenalan.

2. Dianggap Masih Asing

ketergantungan masyarakat pada sistem operasi Android, Windows Phone, dan iOS membuat OS ini masih dianggap asing untuk digunakannya, sehingga masih membutuhkan tahap pengenalan terhadap publik.

3. Tergolong Masih Sama Dengan Kompetitor

OS Tizen masih tergolong sama dengan sistem operasi yang lain sehingga masih mencari identitas agar dapat dibedakan dengan para kompetitornya.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang Beberapa keunggulan OS Tizen dan kekurangannya yang baru saja kita bahas dengan seksama, semoga dengan sedikit informasi teknologi yang kami sampaikan dapat menjadi refrensi bagi Anda yang saat ini akan membeli perangkat smartphone yang dijalankan oleh sistem operasi Tizen tersebut.




2. Android 

Android adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google. Sistem ini digunakan oleh beberapa smartphone, seperti Motorola Droid, Samsung Galaxy, dan Google sendiri melalui perangkat yang dinamakan Nexus.

Sistem operasi Android (OS) didasarkan pada kernel Linux terbuka. Berbeda dengan OS iPhone, Android adalah open source, yang berarti pengembang dapat memodifikasi dan menyesuaikan OS untuk setiap telepon. Oleh karena itu, ponsel berbasis Android yang berbeda mungkin memiliki berbagai antarmuka pengguna grafis UI yang beragam meskipun mereka menggunakan OS yang sama.

Ponsel Android biasanya datang dengan beberapa aplikasi bawaan dan juga mendukung program pihak ketiga. Pengembang dapat membuat program untuk Android menggunakan SDK Android gratis (Software Developer Kit). Program Android ditulis di Java dan dijalankan melalui Google “Davlik” virtual machine, yang dioptimalkan untuk perangkat mobile. Pengguna dapat men-download Android “aplikasi” dari Android Market Online.

Sejak beberapa produsen membuat ponsel berbasis Android, tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah telepon menjalankan sistem operasi Android. Jika Anda tidak yakin apa sistem menggunakan telepon operasi, Anda dapat sering menemukan sistem informasi dengan memilih “Tentang” di menu Settings. Nama “Android” berasal dari istilah android, yang mengacu pada sebuah robot yang dirancang untuk melihat dan bertindak seperti manusia.

Produsen Smartphone yang paling banyak mengeluarkan perangkat berbasis Android adalah Samsung, Samsung adalah produsen Smartphone yang paling sukses saat ini, perangkat seperti Samsung Galaxy “S” series dan “Note” series disebut-sebut sebagai Smartphone tercanggih di muka bumi saat ini.

Pengembangan Android

Android dikembangkan secara pribadi oleh Google sampai perubahan terbaru dan pembaruan siap untuk dirilis, dan informasi mengenai kode sumber juga mulai diungkapkan kepada publik. Kode sumber ini hanya akan berjalan tanpa modifikasi pada perangkat tertentu, biasanya pada seri Nexus. Ada binari tersendiri yang disediakan oleh produsen agar Android bisa beroperasi.

Logo Android yang berwarna hijau awalnya dirancang untuk Google pada tahun 2007 oleh desainer grafis Irina Blok. Tim desain ditugaskan dengan sebuah proyek untuk membuat sebuah ikon universal yang mudah dikenali dengan menyertakan ikon robot secara spesifik dalam desain akhir. Setelah sejumlah perkembangan desain yang didasarkan pada tema-tema fiksi ilmiah dan film luar angkasa, tim akhirnya mendapat inspirasi dari simbol manusia yang terdapat di pintu toilet, dan memodifikasi bentuknya menjadi bentuk robot. Karena Android adalah perangkat lunak sumber terbuka, disepakati bahwa logo tersebut juga harus terbuka, dan sejak diluncurkan, logo hijau tersebut telah didesain ulang kembali dalam berbagai variasi yang tak terhitung jumlahnya.

inilah urutan versi android dari yang terbawah sampai tertinggi:

Android 1.0
Android 1.1+
Cupcake (1.5)
Donut (1.6)
Eclair (2.0–2.1)
Froyo (2.2–2.2.3)
Gingerbread (2.3–2.3.7)
Honeycomb (3.0–3.2.6)
Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4)
Jelly Bean (4.1–4.3)
KitKat (4.4+)
Lollipop (5.0+)
Marshmallow (6.0+)
Nougat (7.0+)

Mari kita bahas dari kelebihan dan kekurangan android versi baru yaitu Nougat 7.0

Kelebihan Android Nougat

1. Project Svelte

Salah satu fitur terbaru yang hadir pada OS Android Nougat ini adalah Project Svelte. Fitur tersebut memungkinkan penggunaan kinerja RAM yang lebih minim sehingga lebih hemat baterai. Tak heran jika nanti banyak smartphone Android Nougat yang punya performa baterai lebih baik dibanding dengan smartphone lain.


2. Virtual Reality

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa teknologi Virtual Reality alias VR merupakan salah satu teknologi yang tengah naik daun saat ini. Google ternyata juga tak mau kalah dengan meluncurkan platform VR bernama Google Daydream. Google ingin membangun sebuah eksistem teknologi VR yang keren dan menyenangkan.

3. Multitasking

Jika anda para pengguna smartphone high end Samsung pastinya sudah tidak asing lagi dengan fitur multitasking di Android bukan? Nah, fitur semacam itu kini juga telah hadir di OS Android Nougat sehingga pengguna Android bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

4. Night Mode

Pasti anda sudah tahu bahwa radiasi cahaya yang dipancarkan oleh layar smartphone kurang baik bagi kesehatan mata. Pada OS Android Nougat ini hadir fitur bernama night mode yang memungkinkan layar meredup secara otomatis saat digunakan sehingga mengurangi efek yang dapat merusak mata.


5. Notifications

Selain itu pada sistem operasi Android Nougat ini juga hadir fitur notifikasi baru, di mana pengguna bisa langsung membuka dan membalas pesan masuk langsung melalui notifikasi tanpa perlu membuka aplikasi. Selain itu juga terdapat fitur bundle notifikasi yang dapat mengelompokkan notifikasi-notifikasi tertentu.



Kekurangan Android Nougat

Ada kelebihan pasti ada kelemahannya. Betul bukan?. Nah sampai saat ini diketahui secara pasti apakah kekurangan yang dimiliki oleh Android Nougat ini.

Tapi yang jelas, Android ini akan lebih mahal dari versi sebelumnya pada harga HP Android Nougat yang beredar nantinya.

Selain itu update yang terus menerus dalam waktu singkat akan membuat pengguna kecewa. Baru beli hp Android marshmallow udah ada update lagi Android Nougat. Apalagi nanti seterusnya. Akan lebih mengecewakan lagi apabila smartphone tersebut dapat di update ke versi lebih tinggi, sudah dowload firmwarenya besar, saat dipasang ada beberapa fungsi smartphone yang jadi gak berfungsi. Kan payah.

sumber : http://wikitekno.net/2015/12/pengertian-android.html
                http://tekno.bacainfo.com/keunggulan-os-tizen.html
                http://www.majalahponsel.com/kelebihan-dan-fitur-baru-yang-ada-pada-android-nougat/
                http://www.bloggedewek.com/2016/07/kelebihan-dan-kekurangan-android-nougat.html   

0 komentar:

Posting Komentar